Suasana di pabrik motor listrik Elvindo, Tangerang, Sabtu (11/1).


PT Indo Jaya Motor Electric mendukung adanya kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meresmikan pabrik motor listrik Electric Vehicle Indonesia (Elvindo) Factory di Tangerang, Jawa Barat.

Peresmian ini dilakukan dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti, test drive motor listrik, peninjauan perakitan motor, sampai pemotongan tumpeng nasi kuning.

Direktur Utama Elvindo Hengki Wijaya mengatakan, usai diresmikan maka motor listrik Elvindo sudah bisa mengaspal di Jakarta.

“Mulai hari ini diresmikan besok sudah mulai penjualan. Semua sudah beres,” kata Hengki di Pabrik Elvindo, Tangerang, Jawa Barat, Sabtu (11/1).

Pabrik Motor LIstrik Elvindo, Tangerang.


Hengki menjelaskan, saat ini sudah ada 200 dealer Elvindo di beberapa Kabupaten atau Kota. Namun, belum semuanya bisa beroperasi maksimal. Ia berharap, masyarakat bisa semakin banyak yang menggunakan kendaraan listrik dengan adanya produk Elvindo.

“Kita unit-unit, sparepart-nya di sini kita rakit. Yang bisa jadi dealer saya harus punya bengkel service, tanpa itu tak bisa. Karena untuk meyakinkan masyarakat harus ada service-nya,” ujar Hengki.

Peresmian pabrik motor listrik Elvindo di Tangerang.


Saat ini, Elvindo masih banyak menggunakan produk impor dari China. Hengki memastikan seiring berjalannya waktu pihaknya akan menggunakan produk dalam negeri. Mengenai target pasar, ia juga menyasar target selain di Indonesia.

“Target kita bukan di Indonesia saja tapi bisa ekspor mungkin bisa ke China,” ungkap Hengki.

Pemotongan Tumpeng Tanda Diresmikannya pabrik motor listrik Elvindo.


Senada dengan Hengki, Komisaris PT Indo Jaya Motor Electric Setyo Wasisto menuturkan, pihaknya bakal terus mengembangkan produk kendaraan listrik dengan bahan dari dalam negeri. Sebab, kata Setyo, sudah banyak produk kendaraan listrik seperti ban dan lampu produksi dalam negeri yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu, Setyo mengungkapkan, Elvindo juga bakal kembali mengembangkan pabrik selain di Tangerang yang baru saja diresmikan.

Hadirin peresmian pabrik, mencoba mengendarai motor listrik Elvindo.


“Nanti akan kita buat di sini dan di Subang kita sudah siapkan lokasinya. Di Subang lebih luas dan kita punya sendiri, kalau di sini kecil saja, kawasan industri Cikupa ini tidak terlalu besar,” tutur Setyo.

Elvindo saat ini mempunyai 4 jenis motor listrik yang diberi nama Arjuna Spesifikasi, Veda Spesifikasi, Bisma Spesifikasi, dan Rama Spesifikasi. Keempat spesifikasi itu dijual dengan harga paling mahal Rp 13 juta.
(DCS)